Saturday, October 26, 2013

Tips Meningkatkan Kecerdasan

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم 

Siapa sih yang tidak ingin cerdas? Kalau hal yang satu ini, semua orang pasti menginginkannya. Mungkin Anda bingungm, cara apa yang harus ditempuh untuk meningkatkan kecerdasan? Mari simak tips di bawah ini, tips ini bukan cuma berlaku di kelas, tapi tips ini bersifat umum :)

Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Belajar adalah memahami hal-hal baru. Mungkin Anda menghapal sedetail-detail mungkin pelajaran Anda, namun yang lebih penting adalah "Apakah Anda mengerti dengan materi yang Anda hapalkan?". Jadi sebelum menghapal, usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran, hal itu akan memudahkan Anda dalam meningkatkan kecerdasan.

Mencatat pokok-pokok pelajaran
Anda tidak membutuhkan catatan yang panjang, yang Anda butuhkan adalah intisari dari pelajaran Anda, dengan memahami intisari, Anda gampang mengingatnya pada saat ujian ataupun non ujian.

Hapalkan kata-kata kunci
Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya Anda mudah mengingatnya. Misalnya, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.

Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan Anda masih segar. Tapi, selera seseorang berbeda-beda. Biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Buat suasana di sekeliling Anda menjadi NYAMAN
Carilah tempat yang menurut Anda nyaman, jika Anda bosan Anda bisa pindah tempat asalkan aktivitas belajar Anda tidak tergannggu.

Bentuk Kelompok Belajar
Mungkin Anda bosan belajar sendiri, Anda bisa mengajak teman Anda untuk belajar bersama. Tak perlu banyak, kenapa? Karena yang ada, pembelajaran Anda tidak efektif. Maksimal 5 orang, takutnya Anda tidak akan belajar, tapi malah melakukan ajang pamer, gosip, dsb. (terutama buat ceweknya)

Latih Sendiri Kemampuan Anda
Pada setiap akhir bab pelajaran, Anda biasanya diberikan soal-soal latihan. Coba Anda jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tanpa instruksi dari guru Anda. Ini dapat menguji sejauh mana kemampuan Anda.

Kembangkan Materi Yang Sudah Dipelajari
Jika Anda sudah melatih kemampuan Anda, cobalah berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah sebuah pertanyaan yang belum ada di dalam soal latihan. Mintalah agar guru Anda menjawabnya, jika Anda belum puas, Anda dapat menanyakan OM GOOGLE :D atau mencari refrensi lain. Hal ini dapat mengajak Anda untuk selalu berpikir kritis dan ke depan.

Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Hal ini sangat penting, jangan sampai Anda melupakannya. Jika Anda ngantuk, istirahatkanlah diri Anda, pelajaran akan susah masuk jika Anda kurang segar. Setelah istirahat Anda akan lebih siap untuk menerima materi baru.

Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll